Selasa, 26 Agustus 2008

Puja Bhakti Asadha 2552

Puja Bakti perayaan Asadha 2552 tahun 2008 di Vihara Karangdjati diadakan pada hari Rabu tanggal 6 Agustus 2008. Perayaan kali ini diadakan secara sederhana tanpa mengurangi makna dan suasana khidmat.
Hadir dalam perayaan ini adalah Bhante Saccadhamo dan dua orang samanera dari Vihara Mendut, Magelang. serta puluhan umat dari Kota Yogyakarta. Puja Bakti sendiri dipimpin oleh Rm. Supriyanto dari Magabudhi DIY.

Dalam Khotbah Asadhanya, Bhante Saccadhamo memngingatkan kembali tentang peristiwa Asadha di Jaman Buddha gautama, dan tentang Khotbah pertamanya yang sangat fundamental, yaitu tentang Empat kesunyaatan Mulia, yang terdiri dari Kesunyataan tentang Dukkha, asal mula Dukkha, lenyapnya Dukkha dan jalan menuju lenyapnya Dukkha. Semoga saja kita senantiasa berada dijalan yang tepat untuk menuju lenyapnya Dukkha.

Asadha adalah hari besar memperingati peristiwa penting bagi umat Buddha, yaitu Khotbah pertama dari Sang Buddha Gautama, serta terbentuknya Sangha (pasamuan Bhikkhu) untuk pertama kalinya di jaman Sang Buddha Gautama.

Tidak ada komentar: