Minggu, 07 September 2008

Dhammaclas Masa Vassa sesi kedua

Dhammaclas masa Vassa untuk sesi yang kedua telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 6 September 2008 di Vihara Karangdjati. Acara Dhammaclas di mulai jam 19.00 wib dan dihadiri sekitar 60 umat Buddha di Yogyakarta. Hadir dalam kesempatan ini adalah Bhante Jotidhammo Mahathera sebagai nara sumber.

Dalam kesempatan ini Bhante Jotidhammo menyampaikan tentang bagaimana kita sebaiknya menjujung tinggi dan respek terhadap kebajikan. Dalam masyarakat sekarang ini, sering yang muncul adalah rasa respek dan menjunjung tinggi hal-hal diluar kebajikan, hal ini misalnya menjujung tinggi kemewahan, menjujung tinggi gya hidup, menjunjung tinggi ketenaran, menjujung tinggi kekayaan, atau memnjunjung tinggi kepandaian.

Dengan menjunjung tinggi hal-hal itu, maka kita menjadi mengejar hal-hal tersebut, serta menjadi kagum terhadap orang-orang yang memilikinya. Akibatnya dalam rangka mendapatkannya itu, maka kita menjadi tidak lagi peduli terhadap hal-hal yang bersifat kebajikan. Sebaiknya, kita menjunjung tinggi kebajikan dengan memberi respek yang tinggi terhadap pembuat kebajikan, serta kita selalu berbuat bajik juga.

1 komentar:

Soe Liang - Nico mengatakan...

semoga Dhamma dapat bermanfaat bagi semua makhluk yang beragama apapun, be happy...