Sabtu, 27 September 2008

Dhammaclas Masa Vassa sesi ke-3

Dhammaclas sesi ke-3 atau terakhir di Vihara Karangdjati tahun ini diadakan pada hari Sabtu, 20 September 2008, tepat jam 19.00 WIB. Sebagai pembicara adalah Bhante Saccadhammo. dengan dihadiri sekitar 70 umat Buddha.

Pada kesempatan ini Bhante Saccadhamo menguraikan tentang pilihan. Dalam kehidupan ini, setiap saat kita dihadapkan pada banyak pilihan tindakan. Begitu banyak pilihan itu sehingga kadang kita dibuat bingung. Tak jarang pula kita menyesal terhadap pilihan tindakan yang kita ambil setelah berakibat tidak baik.

Dengan banyaknya pilihan itu, maka diperlukan kemampuan untuk mengambil tindakan mana yang tepat. Nah pilihan tindakan yang tepat adalah tindakan yang mendukung ke arah kebajikan, tidak merupakan pemuasan dari kebencian atau keserakahan. Tak lupa, pilihan yang kita ambil itu semesthinya juga tidak membuat orang lain atau makhluk lain dirugikan.

Lebih dari itu, setelah kita mengambil pilihan tindakan, yang penting juga adalah bertanggungjawab terhadap pilihan yang kita ambil. Tak lain karena setiap pilihan mengandung resiko. sang Buddha sebagai guru juga menawarkan pilihan jalan untuk menuju ke kebahagaian sejati. Sang Buddha tidak mengajarkan ajarannya berupa larangan dan kewajiban, tapi sebuah ulasan agar kita menjadi bijak dalam memilh jalan. Jalan menuju pembebebasan yang diajarkan Sang Buddha pun hanya bermanfaat kalau kita berjalan pada pilihan jalan itu.

Dhammaclas malam itu merupakan Dhammcla masa vassa sesi terakhir. Berikutnya bulan depan sudah memaasuki Bulan Kathina. Selamat merayakan Kathina Dana 2552 kepada seluruh Umat Buddha sekalian.

Tidak ada komentar: