Kamis, 21 Juli 2011

Diskusi “Jejak Buddha di Tanah Jogja”


Acara dhammasharing rutin pada tanggal 9 Mei 2011 sangat istimewa. Hal ini dikarenakan hadirnya pembicara tamu, Bapak Kris Budiman. Kehadiran pak Kris, panggilan akrab beliau, dalam rangka menyampaikan hasil jelajah yang dilakukan oleh beliau untuk menelusuri keberadaan candi-candi di berbagai lokasi. Acara ini bertajuk diskusi jejak Buddha di tanah Jogja.
Iya, pak Kris ini hobi sekali jalan-jalan ke candi-candi dan situs sejarah lainnya, baik ke tempat yang sudah terkenal maupun tempat yang belum terdata. Pada kesempatan tersebut, beliau sharing tentang 18 situs candi Buddha yang ada di sekitar Jogja. Jumlah yang sangat banyak, dan tidak diduga oleh peserta yang hadir.
Ada beberapa candi yang terawat dengan baik, ada juga yang tinggal serakan batu. Semua dipaparkan oleh Pak Kris Budiman, serta dibri penjelasan singkat tentang lokasi, hal-hal yang unik dan apa yang tersisa. Beberapa bahkan tinggal batu berserakan di halaman pemukiman, ada yang tinggal stupa di tengah kampung, bahkan ada yang hanya terlihat seperti pondasi talud bangunan saja. Ada juga yang lokasinya sulid dijangkau karena berada di lereng tebing.

Tidak ada komentar: