Kamis, 21 Juli 2011

Anjangsana SMB ke Candi Banyunibo


Daerah sekitar Jogja banyak sekali ditemukan candi-candi buddhis peninggalan jaman mataram kuno. Mengenal candi-candi Buddha tersebut akan dapat menambah pengetahuan sejarah, meningkatkan kekaguman sejarah serta pada akhirnya meningkatkan keyakinan umat Buddha.
Untuk itu, Minggu, 27 Maret 2011, Sekolah Minggu Vihara Karangdjati melakukan anjangsana ke salah satu candi buddhis, yaitu candi Banyunibo yang terletak di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan kabupaten Sleman, tepatnya sebelah selatan kompleks candi Ratu Boko
Kesempatan yang sangat baik, karena mengenalkan candi buddhis kepada anak-anak, sekaligus mengajarkan bagaimana sebaiknya kita bersikap ketika berada di candi Buddhis. Begitu datang, rombongan anak-anak ini selain dikenalkan dengan bangunan candi, kemudian diajak untuk melakukan puja bakti di ruangan candi. Anak-anak siswa sekolah minggu ini juga dilatih menghormati bangunan  suci candi dengan cara melepas alas kaki. Rangkaian puja bakti ini dilengkapi dengan meditasi dan pradaksina juga.
Acara hiburan dan rekreasi juga tak lupa. Setelah rangkaian puja selesai, dilakukan banyak permainan yang menghibur serta ditutup dengan rangkaian ulang tahun bersama. Acara rekreasi ini dilakukan dengan tetap menghormati candi tanpa kehilangan keceriaan.
Semua rangkaian ini selain mengenalkan candi buddhis, juga mengenalkan bagaimana bersikap yang baik kepada candi-candi buddhis. Kalau umat Buddha sendiri tidak bisa memperlakukan dengan  baik candi-candi Buddhis, bagaimana kita berharap kepada orang lain untuk melakukannya ?

Tidak ada komentar: