Jumat, 18 Juni 2010

Detik-detik Waisak di Vihara Karangdjati


Detik-detik waisak adalah saat yang ditunggu-tungggu oleh semua umat Buddha. Karena saat itulah, tepat peringatan tiga peristiwa besar, yaitu lahirnya Sidharta, Sidharta menjadi Buddha, dan Parinibananya sang Buddha.
Tahun ini 2554 tahun 2010, detik-detik waisak tepat berlangsung pada pukul 06:07.03 WIB. sekitar jam 5 pagi, umat Vihara Karangdjati sudah berdatangan ke Vihara untuk merayakan detik-detik Waisak ini. Meski harus bangun pagi-pagi, tapi semangat akhirnya akan mengalahkan segala bentuk kemalasan dalam memperingati detik-detik waisak.
Rangkaian acara sendiri dimulai tepat jam 05:30 WIB. Acara dimulai dengan rangkaian Paritta, dan membacakan Waisak Puja bersama-sama. Setalah itu, acara inti, melakukan meditasi bersama, yang akan berlangsung sampai melewati tepat detik-detik waisak. Pesan waisak Sangha Theravada Indonesia dibacakan oleh Ketua Vihara juga melengkapi rangkain acara ini.
Acara pagi ini ditutup dengan saling mengucapkan selamat waisak sesama umat, sambil diiringi lagu-lagu waisak. Suasana gembira dan haru sangat terasa, ketika acara ini berlangsung. Selain itu, seperti juga tahun lalu, detik-detik waisak juga diteruskan dengan potong tumpeng untuk mengungkapkan kebahagiaan waisak, dan makan bersama. Susana kekeluargaan  di Vihara adalah kebahagiaan tersendiri dalam merayakan waisak







Tidak ada komentar: