Senin, 17 Agustus 2009

Perayaan Asadha Puja 2553 tahun 2009






Asadha puja Vihara Karangdjati 2553 tahun 2009, diadakan pada tanggal 22 Juli jam 19.00 WIB. Puja pada peringatan salah satu hari besar ini dihadiri seratusan umat Buddha di Yogyakarta.

Asadha merupakan salah satu hari besar, untuk memperingati khorbah pertama Sang Buddha kepada lima orang petapa. Pada akhir khotbah tersebut, sang lima orang pertapa tersebut memohon untuk ditahbiskan menjadi Bhikkhu sehingga terbentuklah Sangha yang pertama. Dengan demikian lengkaplah tiga mustika, tiga permata, dan tiga perlindungan umat Buddha, yaitu Buddha, Dhamma dan Sangha.

Dalam Kotbahnya, YM Jayadhammo, kembali mengingatkan kepada umat Buddha untuk menghayati semangat Asadha, sebagai intropeksi bagi diri masing-masing. Dalam kotbah pertamanya waktu itu, sang Buddha sudah menyampaikan tentang adanya dukkha, penderitaan, ketidakpuasan, yang tentu juga ada sebabnya. Sang Buddha juga secara terbuka menyampaikan sebabnya, dijelaskan dengan tanpa rahasia, yaitu tentang dua jalan ekstrim, ekstrim terhadap keterikatan dan kemelakatan pada pemuasan nafsu indrawi, serta ekstrim terhadap jalan pertapaan keras sempai menyiksa diri, sebagai sebab dari penderitaan.

Dengan mengetahui hal tersebut aka sudah sepantasnya kita kemudian merefleksi kembali sejauh mana kita praktek dan berlatijh dalam dalam kehidupan kitya masing, apakah sudah dapat menghindari sejauh mungkin sebab-sebab penderitaan. Atau kita masih berkutat dengan penderitaan itu sendiri. Dengan rfeleksi ini kita akan memperbaiki latihan kita menjadi lebih baik.

Selesai melakukan puja bakti Asadha, dengan dipinpim oleh YM Piadhiro, dilakukan Pradaksina yaitu penghormatan dengan cara berjalan mengelilingi Budhapatima (dhammasala/vihara), dengan membawa amisa puja, sambil meneguhkan kembali keyakinan kepada Buddha, Dhamma dan sangha, yaitu dengan merenungkan sifat-sifat luhur Buddha Dhamma dan Sangha tersebut.

Selamat merayakan Asadha 2553 tahun 2009, dan selamat menjalankan masa Vassa bagi para Bhikkhu.

Tidak ada komentar: