Selasa, 10 Februari 2009

Kunjungan Luangpu Am Santiworayan ke Vihara karangdjati


Diluar dugaan, kesempatan yang sangat baik bagi umat Buddha di Yogyakarta dan sekitarnya. Pada tanggal 13-15 Januari 2009, YM Phrakru Am Santiworayan (Luangpu Am Santiworayan/Dhammakammo) beserta kedua orang murid senior yakni Phra Vinai Sukhito dan Phra Sanya Shotiyano yang tinggal di sebuah Vihara Hutan di pedalaman Thailand berkenan berkunjung ke Yogyakarta.

Kunjungan beliau ke Indonesia adalah dalam rangka mmberikan pendalaman Dhamma kepada umat Buddha, mnumbuhkan tekad dan Keyakinan kepada Tiratana serta memberikan kesmepatan kepada umat Buddha Indonesia untuk memeupuk kebajikan.

Vihara Karangdjati berkesempatan mendapat kunjungan beliau, yaitu pada hari rabu, tanggal 14 Januari 2009 pukul 19.00, Luangpu, beserta dua muridnya dengan didampingi oleh Bhikkhu Dhammmakaro Mahathera sebagai penterjemah, berkunjung ke Vihara karangdjati.

Pada kesempatan tersebut, Luangpo berkenan memberikan sedikit pesan Dhamma, dan memberikan pemberkahan. Usa belia tidak meghalangi, dan dengan penuh semangat memberikan dorongan kepada umat Buddha, menumbuhkan tekad dan keyakinan agar senantiasa menempuh jalan yang benar. Hampir semua yang hadir, sekitar 150 umat Buddha yang hadir, merasa meski sebentar, tapi sudah merupakan kesempatan yang sangat baik untuk dapat bertemu dengan Beliau.

Dalam kunjungan ke Indonisa ini, meski berkunjung di negara yang tidak familier dengan tradisi Buddhis, namun kebiasaan peraturan tetap dijalankan dengan baik, salah satunya beliau tetap menjalankan Pindapatta. Umatpun tidak melwatakan kesempatan ini, dan rela pagi-pagi menuju Vihara Mendut magelang (tempat beliau tinggal selama di Yogyakarta) untuk ikut berdana makan.

Semoga Kunjungan beliau membawa manfaat bagi kita umat Buddha khususnya, dan untuk kesejahteraan , kesehatan serta kemakmuran dan keamanan rakyat Indonesia

Luanpo, didamping Bhante Dhammakaro, serta kedua murid Luangpo

Suasana ketika Pemberian pesan Dhamma

Pemberian cinderamata dari Luanpo Am kepada umat yang hadir

Pemberkahan


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sungguh kuar biasa. Saya sungguh bangga akan "kebangkitan" spirit dari generasi limapuluhan di Vihara Karangdjati.

VeKaDe mengatakan...

apakah anda bagian dari generasi limapuluhan? waduh.. bisa share dong...