Selasa, 10 Februari 2009

LK PATRIA-Vidyasena, Menjadi Pemimpin yang Peduli dan Melayani


Sebuah acara yang sangat bagus bagi Pemuda, diadakan oleh gabungan Pemuda Theravada Indonesia (PATRIA) dan pemuda Vidyasena dari Vihara Vidyaloka. Acara tersebut berupa Latihan kempemimpinan.

Acara latihan kepemimpinan atau LK bagi organisasi pemuda tidaklah asing. Namun acara kali ini menggunakan konsep yang unik dan inovatif. Jika selama ini latihan kepemimpinan lebih banyak dilakukan di gedung atau dalam ruangan dengan seabrek teori dan motivasi, maka pada acara LK kali dilakukan dnegan konsep live in.

Peserta diharuskan tinggal di rumah penduduk dan mengikuti rutinitas acara yang ada di keluarga tempat tinggal. Acara ini dikolaborasikan dengan pemberian materi pengantar, serta arena out bond yang merupakan games sekaligus pendidikan kepemimpinan.

Konsep acara LK dengan live ini sebenarnya adalah bagian dari upaya menumbuhkan rasa pelayanan dan kepedulian pada generasi muda. Bagaimana mereka dapat ikut bersama merakan kesibukan, kesulitan kerja keras dari para keluarga yang ditinggali, yang rata-rata petani itu. Pengalaman yang sangat berharga bagi peserta untuk dapat merasakan bagaimana sulitnya merumput mncari pakan ternak, membersihkan kotoran sapi atau juga kegiatan yang lainnya.

Pemimpin yang baik, adalah pemimpin yang bisa peduli dan melayani. Itulah yang hendak dicapai dari LK yang diadakan di dusun Kenteng, Ngroto dan Dalangan, desa Sumogawe, Getasan, Salatiga. LK ini dikuti oleh 40 peserta baik yang aktif di Vihara Vidyaloka maupun Vihara Karangdjati Yogyakarta.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mana fotonya ?
Mbok yao dipasang to dek, ben do do ndelok gambare.