Rabu, 16 September 2009

Kunjungan Peserta “Indonesian Art and Culture Scholarship 2009” ke Vihara Karangdjati

Hari Sabtu, tanggal 12 September 2009, jam 14.00, Vihara Karangdjati mendapat tamu manca Negara, para peserta IACS, Indonesian Art and Culture Scholarship 2009. IACS adalah program dari Departemen Luar Negeri, berupa pemberian kesempatan bagi pemuda-pemudi berbagai negara untuk tinggal di Indonesia, serta dikenalkan dengan berbagai ragam budaya Indonesia. Yogyakarta kebetulan adalah salah satu kota yang dipilih, dengan Sanggar Sekar Setaman Taman Budaya Yogyakarta sebagai tuan rumah bagi para peserta tersebut.

Salah satu agenda kegaiatn mereka adalah mengenal ragam agama yang dianut oleh masayarakat Indonesia, dan Vihara Karangdjati dipilih sebagai tempat untuk mengenal agama Buddha di Indonesia. Acara kunjungan tersebut diawali dengan perkenalan antara rombongan peserta yang dating dari 12 negara, dengan pengurus Vihara Karangdjati yang hadir. Setelah itu, dilanjutkan dengan dialog, tentang sejarah, perkembangan dan kegiatan Vihara Karangdjati. Peserta kemudian antusias untuk bertanya tentang berbagai hal, menyangkut Vihara dan kegiatan umat Buddha pada umumnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan melihat ruangan dhammasala, melihat altar sang Buddha dan mengenal simbol-simbol agama Buddha. Setelah dirasa cukup, acara selanjutnya adalah foto bersama, serta pemberian kenang-kenangan kepada peserta berupa buku sejarah vihara Karangdjati. Bagi Vihara Karangdjati, ( ini adalah kesempatan kedua mendapat kunjungan dari program serupa setelah tahun lalu mendapat kunjungan yang sama), merupakan kehormatan, karena melalui acara ini telah menjadi duta Bangsa untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia.

Tidak ada komentar: