Rabu, 12 November 2008

Perayaan Kathina Dana 2558 tahun 2008

Perayaan kathina Dana di Vihara Karangdjati telah dilaksanakan pada hari rabu, tanggal 29 Oktober 2008, dumiali repat pukul 19.00 WIB. Kathina Dana merupakan peryaan yang selalu dinantikan oleh Umat Buddha. Pada perayaan ini, umat berkesempatan mberikan dana kepada sangha yang baru saja menjalankan vassa.

Hadir mewakili Sangha pada perayaan kathina dan ini adalah Bhikkhu Jotidhammo Mahathrea dan Bhikkhu Saccadhammo. Dalam Khotbah Kathinanya, Bhikkhu Jotidhammo menegaskan tentang pentingnya berbuat baik. Berdana merupakan awal atau pintu gerbang untuk berbuat baik, membuka pintu bagi perbuatan baik lainnya. Hal ini terjadi karena tujuan dari berdana yang benar adalah untuk mengurangi kemelakatan dan ego kita. Berdana dengan tujuan benar dan dilaksanakan dengan benar, akan mengikis ego dan kemelakatan kita, sehingga dengan mudah memuncuklan kebajikan kebajinakn lainnya.

Hadir dalam perayaan kathina Dana ini segenap umat Buddha dari kawasan Kota Jogja, dan sejumlah tamu undangan termasuk Bapak Pembina Masyarakat Buddha, Kanwil Departemen Agama D.I. Yogyakarta. Umat yang hadir nampak antusias mengikuti jalannya upacara, dengan khimat dan tertib memberikan dana kathina masing-masing.

Gambar suasana perayaan Kathina Dana dapat dilihat dibawah ini:



Tidak ada komentar: