Senin, 26 Oktober 2009

Perayaan Kathina Dana 2553 tahun 2009

Perayaan Kathina dana 2553 tahun 2009 di Vihara Karangdjati diadakan hari Rabu tanggal 21 Oktober. Hadir dalam perayaan tersebut sebagai wakil Sangha adalah BhikkhuJayadhammo dan Bhikkhu Piyadhiro.

Perayaan dimulai tepat jam 19.00 WIB, diawali dengan pembukaan dan sambutan panitia. Dalam sambutannya, panitia dan juga atas nama umat Buddha Vihara Karangdjati memberikan ucapan selamat kepada para Bhikkhu yang telah bertambah usia kebhikkhuannya, serta mengajak umat Buddha untuk memberikan kewajibannya yaitu menyokong kehidupan para Bhikkhu. Hubungan harmonis akan tercipta jika para Bhikkhu menjalankan kewajiban-kewajiban kebhikhhuannya dan umat Buddha menjalankan kewajiban sebagai umat.

Setelah itu, acara dilanjutkan dnegan puja bhakti lengkap dengan permohonan tuntunan sila kepada Bhikkhu Sangha. Dhammadesana pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Bhikkhu Piyadhiro. Dalam khotbahnya, disampaikan tentang makna Kathina, serta sambutan antusias dari umat Buddha. Kathina sebenarnya adalah hari rayanya para bhikkhu, karena dilakukan setelah bhikkhu menjalankan masa vasaa selama tiga bulan. Atas dasar rasa bakti yang tinggi umat antusias merayakan Kathina untuk memberikan sokongan empat kebutuhan para bhikkhu yaitu tempat tinggal, jubah, makanan dan obat-obatan.

Namun demikian hubungan sosial itu tidaklah berhenti di saat Kathina saja. Para umat hendaknya tetap memperlakukan para bhkkhu dengan batasan-batasan etika dan kepantasan, bukan dengan membengun ego karena merasa sudah memberi dan berdana kepada Bhikkhu Sangha. Demikian juga para Bhikkhu tidaklah kemudian memanfaatkannya dalam hubungan materi semata, namun harus tetap kembali dalam sila dan vinaya.

Setelah dhammdesana, tiba saatnya para umat memberikan dana Kathinanya. Acara diawali dengan pembacaan kathinacivaradusam bersama-sama, baru kemudian satu demi satu umat memberikan dana kathinanya. Setelah itu, diadakan acara tuang air yang dilakukan oleh perwakilan umat, sebagai symbol agar kebajikan yang dilakukan pada saat itu juga menumbuhkan rasa mudita dari para leluhur kita.

Acara kathina dana yang dihadiri sekitar 170 umat ini kemudian ditutup dan dianjutkan dengan acara ramah tamah. Selamat merayakan Kathina Dana 2553 tahun 2009 kepada seluruh umat Buddha.


Bhante Piyadhiro memberi pesan Dhamma

Tuang air pelimpahan Jasa

Dana Jubah kepada Sangha

Suasana Perayaan Kathina Dana





Tidak ada komentar: